Sayuran dan Buah Segar Hambat Pertumbuhan Sel Kanker


Jakarta - Kanker adalah penyakit yang paling ditakuti orang. Perkembangannya yang cepat dapat membuat kondisi tubuh menurun drastis. Makanan sehat terutama buah dan sayuran segar ternyata memberi manfaat hebat untuk menumpas sel kanker. 

Para ahli menyatakan bahwa kebiasaan makan yang baik dapat membantu mencegah penyakit kanker datang kembali. Selain konsumsi makanan sehat, olahraga teratur juga sangat diperlukan. Sebuah ketentuan baru yang dikeluarkan pada hari Kamis (26/4), olehAmerican Cancer Society mendesak para dokter untuk berbicara dengan pasien kanker tentang makanan sehat yang wajib dikonsumsi.


 

Dr. Omer Kucuk, seorang ahli onkologi dari Emory University telah meneliti kadar gizi pada penderita kanker prostat. Penelitian tersebut dilakukan sebelum melakukan operasi, Ia menanyakan tentang diet dan olahraga yang dilakukan pasiennya.

Pada penelitian ini Kucuk menghubungkan antara berat badan pasien yang obesitas dengan peningkatan resiko kanker usus, pankreas dan ginjal. Hasilnya ditemukan bahwa, tidak ada hubungan antara kadar gizi dan olahraga dengan penyaklit kanker. 

Resiko tersebut juga bisa diatasi dengan memilih makanan bergizi seperti, brokoli, wortel, kubis, buah berry, bawang putih dan masih banyak lainnya. Sayuran tersebut punya zat anti kanker yaitu flavonoid dan fenolyang dapat mengurangi resiko kanker hati dan kanker usus besar. Sedangkan kandungan glukosinolatnya efektif mengurangi resiko kanker payudara.
Studi yang dilakukan pada lima tahun lalu juga menunjukkan bahwa penderita kanker yang diberikan sayuran dan buah secara rutin, berhasil menurunkan resiko kanker dan mengurangi tingkat kanker yang diderita.

Sayur dan buah juga dikatakan baik untuk kekebalan tubuh. Bagi penderita kanker yang sedang menjalankan masa penyembuhan, wajib makan sayur dan buah agar tubuh tetap segar. Namun saat penelitian ini berlangsung pasien wanita yang menderita kanker lebih mematuhi perintah dokter untuk makan sayur dibandingkan pria yang menderita kanker.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Yayasan kanker Indonesia © 2011 | Designed by Ibu Hamil, in collaboration with Uncharted 3 News, MW3 Clans and Black Ops